jtemplate.ru - free extensions for joomla

Menopause Oh...Hoo...

Menopause adalah kondisi yang mau tidak mau akan dilalui setiap wanita. Terkadang gejala yang dirasakan tidak berarti, tetapi ada juga yang mengalami masalah emosi, rambut rontok dan gejala fisik lain yang tidak disangka-sangka. Yoga, gizi seimbang dan menentukan prioritas hidup dapat membantu wanita menghadapi menopause dengan lebih tenang.

 

Bagi kebanyakan wanita kata menopause merupakan hal yang menakutkan.  Pada masa menopause wanita menjadi mudah emosi, menangis tanpa sebab, tampilan wajah menjadi kusam, rambut rontok, kulit kering, badan menjadi gemuk, diet apapun tidak ampuh lagi, seluruh badan sakit, cepat lupa dan masih banyak lagi hal yang tidak menyenangkan.  Penyebab utamanya adalah penurunan produksi hormon estrogen pada wanita.

Saya tertarik untuk mengikuti seminar menopause yang diadakan JakartaDoYoga pada pertengahan Agustus 2006 untuk mengetahui lebih banyak mengenai gejala pre menopause, kondisi fisik dan mental yang wanita rasakan selama masa menopause dan gerakan yoga yang cocok untuk menjalani masa sulit yang sedang kita hadapi.

Pada umumnya wanita asia sangat sulit untuk mengakui bahwa dirinya sudah menopause … apalagi kalau sampai diketahui orang lain, malu rasanya. Perubahan besar dalam diri kita ini menimbulkan gejolak emosi yang berujung pada rasa sedih, rasa tidak dibutuhkan lagi, menganggap diri sudah tua, tidak cantik dan banyak lagi hal-hal negatif yang lewat dipikiran kita.

Jujur saja, kita semua tidak tahu kapan menopause akan mengetuk pintu.  Ada yang sudah siap dan ada juga yang belum siap. Saat tamu yang tidak diundang ini sudah berada didepan pintu, kita tidak tahu harus bagaimana. Ditolak? Yah tidak bisa….. Seperti guru yoga yang diundang pada seminar kali ini, Danielle Purcell, dia mengalami menopause pada usia yang sangat muda 36 tahun, masih dalam usia produktif.  Tanpa disadari dan dengan sangat tiba-tiba tamu tidak diundang ini suda berada di depan mata. Bisa dibayangkan bagaimana perasaan, gejolak emosi yang berkecamuk didalam dirinya,belum lagi perubahan fisik yang terjadi. Sungguh merupakan momok yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya.

Berbagi pengalaman melalui seminar semacam ini sangat lah bagus agar kita, kaum wanita, menjadi lebih tahu tentang menopause dan bagaimana cara menghadapi perubahan yang yang sangat penting dalam hidup kita ini dengan tenang.  Menentukan prioritas dalam hidup, mengatur pola makan dan berlatih yoga yang sesuai selama masa menopause itu berlangsung sangatlah membantu.

Menopause merupakan proses kehidupan yang memang sudah harus kita lalui cepat ataupun lambat, alangkah indahnya bila jalan menuju menopause ini  dapat kita ketahui sebelumnya dengan membaca tanda-tanda jalan yang ada.  Dimana saja ada tikungan, lubang, berapa lampu merah, dan tanjakan serta rambu-rambu jalan penting lainnya yang harus kita lalui sehingga kita tidak salah jalan.  Dengan demikian perjalanan kita menjadi lebih lancar saat melewati jalan tersebut dan tiba ditempat tujuan tanpa membuang banyak enerji.

Kunci dari semuanya ini adalah olah raga yang tepat, gizi yang seimbang serta berpasrah diri.  Hargai setiap jengkal dari tubuh kita mulai dari ujung jari kaki sampai dengan ujung rambut yang ada dikepala.  Kita harus senantiasa bersyukur dan berterima kasih kepada yang Kuasa atas semua yang diberikan kepada kita selama ini.

Kaum wanita tidak perlu malu, rendah diri atau segan untuk mencari tahu dan belajar mengenai hal yang akan dihadapinya nanti. Tidak perlu menunggu hingga saatnya dekat, karena kita tidak tahu kapan kita akan mengalaminya.  Pengalaman yang kita dapat  bisa kita gunakan untuk diri kita sendiri dan juga untuk orang lain yang dekat dengan kita, ibu, kakak, saudara ataupun tetangga yang mengalami masa-masa sulit dalam menghadapi menopause.

Namaste,

Carin Lim

 

Keyword: Jakartadoyoga, Jakarta, Yoga, Yoga Studio, Health, Iyengar, Indonesia